Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang
hubungan Sistem Informasi Manajamen dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi /
TI.
Sistem Informasi Manajamen
Apa itu Sistem Informasi Manajemen? Sistem Informasi
Manajemen atau yang biasa di sebut SIM adalah
sistem perencanaan bagian dari pengendalian
internal suatu
bisnis yang meliputi pemanfaatanmanusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk
memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa
karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan
pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya
digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian
dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan
keputusan manusia,
misalnya sistem pendukung keputusan,sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Sementara menurut para ahli dari beberapa buku
·
Bodnar dan Hopwood dalam buku Accounting Information System :
Kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk
mentransformasikan data dalam bentuk informasi yang berguna.
·
Turban, McLean, dan Waterbe dalam buku Information Technology for
Management Making Connection for Strategies Advantages : Sistem yang mengumpulkan,
memproses, menyimpan, menganalisa, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang
spesifik.
·
L. James Havery ; Sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna
melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama
lain.
·
Ludwig Von Bartalanfy ; Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling
terikat dalam suatu antar relasi di antara unsur-unsur tersebut dengan
lingkungan.
·
O’brien ; Sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan,
bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta
menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.
·
Azhar Susanto ; Sistem adalah kumpulan/group dari sub
sistem/bagian/komponen apapun baik fisik maupun non fisik yang saling
berhubungan satu sama lain dan bekeaan, pengendalian, pengevaluasian, dan
perbaikan berkelanjutan.
Manajemen Layanan Sistem Informasi / Teknologi
Informasi
Sementara Manajemen
layanan teknologi informasi (Information Technology Servide Management (ITSM)),
yaitu metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang terpusat pada
perspektif konsumen layanan teknologi informasi terhadap bisnis perusahaan.
Pada saat sekarang ini, banyak perusahaan yang menggunakan ITSM itu untuk
menunjang usaha mereka agar lebih baik lagi. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan
yang baik tentang memanajemen layanan teknologi informasi itu sendiri.
Hubungan Sistem
Informasi Manajemen dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi
Seperti yang sudah di
bahas di atas, SIM adalah sistem perencanaan yang berfungsi untuk mencapai tujuan
perusahaan. Sementara Manajamen Layanan Sistem Informasi/IT adalah metode pengelolaan
terhadap bisnis perusahaan agar dapat mencapai tujuan perusahaan.
Kedua nya sama-sama
berfungsi untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Bisa di bilang SIM
adalah media dari Manajemen Layanan Sistem Informasi. SIM sebagai sistem
perancanaannya sementara Manajemen Layanan SI/TI adalah metode dalam
perancanaan tersebut.
Sumber:
https://wawanzone.wordpress.com/2011/03/02/manajemen-layanan-teknologi-informasi/
BACA JUGA : I.T.I.L dan COBIT
BACA JUGA : I.T.I.L dan COBIT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar